Saturday 10 May 2008

Rahasia Wanita

Seorang penulis wanita Indonesia (Mira W) pernah menulis buku yang mengungkapkan tipe-tipe wanita yang dia temukan dalam kehidupan. Wanita itu digolongkan menjadi tiga, yaitu wanita malaikat, wanita kekanak-kanakan, wanita kombinasi keduanya. Wanita malaikat biasanya memiliki karakter cerdas, agak angkuh, anggun, bijaksana, penuh percaya diri, tegas, mandiri, tidak menggantungkan diri kepada orang lain, berjiwa sosial, idealis. Wanita kekanak-kanakan cenderung manja, malas mengerjakan sesuatu, suka cari perhatian, pandai mengambil hati lawan jenis, selalu ingin dilayani. Akan tetapi ada juga wanita yang bisa memiliki keduanya. Pada saat-saat tertentu dia bersikap dewasa, tetapi pada saat tertentu tampak kekanak-kanakan. Biasanya perempuan yang dianggap menyenangkan adalah yang memiliki keduanya.
Sembadra, sayang hanya dalam wayang adalah tipe wanita malaikat. Ketika Arjuna / Janaka yang sangat top di kalangan para cewek dari dunia manapun memohon untuk menduakan, menigakan, meng-empatkan hatinya dengan wanita selain dirinya, Sembadra mampu berdiri tegar, meskipun ada rasa tidak ikhlas juga bagaimanapun. Wanita malaikat cenderung mandiri dalam menata hidupnya, tidak salah kalau dirinya justru sering menjadi teman curhat teman lelakinya di lingkungannya ketika ada masalah.
Demikian pula dalam Dewi Sinta, hanya dalam cerita Ramayana. Dia diceritakan sebagai perempuan yang disukai banyak orang. Kemudian dia memiliki pasangan hidup Rama. Kemudian dia diculik oleh Rahwana. Rahwana memaksanya untuk memenuhi kemauan Rahwana. Shinta tetap setia. Setelah berada di depan Rama dia dianggap tidak setia. Untuk membuktikan kesetiaan dan kesuciannya dia membakar diri. Akan tetapi tidak terbakar badannya dan itulah pertanda kesetiaan.
Wanita tipe kekanak-kanakan dapat dilihat dalam diri Sasha dalam Sinema OB OkTV di RCTI yang dimainkan Winda. Tiap hari setiap masuk ke kantor hanya mengecat kuku, jalan ke sana ke mari, tertawa cekikikan, suka bersolek, malas mengerjakan sesuatu, suka main perintah terhadap Ob di kantornya.
Wanita model seperti ini cenderung pada perawatan diri saja. Pekerjaan rumah seperti mencuci, memasak, membersihkan rumah, menguras kamar mandi adalah pekerjaan pembantu, maka perempuan yang mengerjakan semua itu disamakan pembantu. Dan pekerjaan itu tidak membuat cantik. Cantik itu untuk dimanjakan. Bahkan masyarakat pun sepakat bahwa orang cantik dilarang mengerjakan pekerjaan semacam itu, nanti kehilangan kecantikannya. Orang cantik adalah sesuatu yang pantas didewakan, bahkan tidak pernah kuliah dianggap berpendidikan, karena pandai merawat kulitnya. Cantik dianggap memiliki strata yang lebih tinggi daripada yang tidak memiliki kriteria kecantikan. Jadi yang merasa tidak memiliki kriteria kecantikan patut tidak merasa dihiraukan. Cantik dipandang sebagai kekayaan karena berarti mampu membeli busana dan make up yang bagus. Pokoknya cantik itu dijadikan ukuran kaya atau pintarnya seseorang.
Jadi bisa dikatakan salah, tetapi bisa juga dikatakan ada benarnya, kalau ada yang berpendapat bahwa Cantik itu luka. Apa benar dalam kasus ini? Dengan cantik orang akan dipermudah mencari pekerjaan. Contoh seorang manager personalia yang sedang mengetes calon karyawan di kantornya pasti mengesampingkan prestasi akademisnya ketika menyaksikan fisik pelamarnya tidak sesuai dengan kriteria kecantikan. Misalnya : tingginya di bawah 160 CM, rambutnya ditutup jilbab (sekarang sudah ada kompensasi). Padahal banyak perempuan yang mampu mengerjakan pekerjaan itu tanpa kriteria kecantikan yang disebutkan, tetapi itu tidak dihiraukan. Yang nomor satu adalah cantik.
Akan tetapi Cantik itu menjadi luka bila dipaksakan. Seorang wanita bisa bermata lelaki dalam memandang tubuhnya. Mereka tidak rela tubuhnya tidak indah. Mereka rela mengoperasi sebagian anggota tubuhnya untuk mendapat cantik. Buah dadanya disuntik dengan silikon/suntik botox. Hidung dan mukanya juga dioperasi. Kakinya harus bebas dari bulu, sehingga harus dilicinkan. Rambutnya diwarna-warni, di-rebonding, alis dikerok habis, dan sebagainya. Mereka rela menghabiskan uang, bahkan menyakiti anggota badannya agar menjadi lebih cantik sesuai keinginan matanya yang mewakili mata lelaki. Oleh karenanya banyak wanita yang mengeksplorasikan fisiknya untuk dipertontonkan banyak laki-laki. Kita bisa menyebut orang-orang yang dihafal orang karena ciri khas keseksiannya, misalnya Jupe, Five Vi, Yenni, Dewi Persik, sengaja ataupun tidak sengaja. Hal tersebut menjadi gonjang-ganjing saat ini. Setahu saya Dewi Persik itu manis dan suaranya merdu tanpa berkostum seksi sekalipun, tetapi mengapa dalam setiap kesempatan mengeskplorasi tubuh fantastisnya di depan banyak penonton.
Selera antara laki-laki satu dengan yang lainnya berlainan, tetapi mereka selalu sepakat ketika memandang perempuan cantik. Di manapun berada, dari orang yang mengaku ber-Tuhan ataupun yang tidak mengaku ber-Tuhan. Ketika beberapa SPG produk tertentu mempromosikan sesuatu, pasti para lelaki melirik sampai tidak berkedip dan berkomentar dengan nada yang sama, biarpun tidak membutuhkan barang yang dijualnya, tetapi karena yang mempromosikannya cantik, maka sepakat untuk mengeluarkan koceknya. Berlama-lama mengobrol padahal hanya membeli satu produk, sok akrab.
Semuanya sepakat bahwa cantik itu hanya bisa dilihat dari fisik semata, kulitnya halus, rambutnya lembut, tingginya di atas 160 Cm, bibirnya enak dilihat, matanya terang, buah dadanya besar, pahanya mulus, dan lain sebagainya.
Ketika di dalam suatu acara hajatan, pasti kerja bareng-bareng (rewang). Sudah pasti yang merasa cantik akan duduk-duduk manis, dan akan dibiarkan duduk manis, sedangkan yang tidak dianggap cantik akan dibiarkan membanting tulang tanpa dilarang.
Mungkin banyak orang yang tidak dipercaya dengan kejadian di dalam masyarakat. Akan tetapi mengapa banyak orang mencari isteri para selebritis. Dan ini nyata. Setiap orang berpangkat pasti berlomba mencari pasangan hidup seorang artis, yang terlanjur mempunyai pasangan orang biasa, harus menunggu hingga ada masanya.
Telenovela yang mampu memutar kejadian di atas adalah Betty La Feya. Di sini tokoh utama digambarkan sebagai wanita yang tidak berstrata, giginya pakai behel, pakai kaca mata tebal, berasal dari keluarga strata bawah. Dia sering dihina oleh kelompok perempuan salon. Dengan kecerdasannya dia mampu mengubah nasibnya. Dia mampu menikah dengan Direkturnya.
Demikian pula dengan Cara Sucia (si Muka Kotor), ini juga bercerta tentang gadis yang mukanya tidak cantik, tetapi beruntung.
Di dalam cerita rakyat, dikenal cerita Ande-Ande Lumut yang Menanti Pacarnya. Banyak cewek yang mengejarnya. Ada seorang cewek yang terlalu PD mendekatinya, padahal dia tidak berdandan, bahkan oleh Ibu tirinya dimake up dengan arang dan kotoran binatang, tetapi justru mendapat sambutan dari Ande-Ande Lumut, karena Kleting Kuning tidak pernah selingkuh dulu dengan Yuyu Kangkang, sedangkan cewek yang lainnya pernah diajak selingkuh oleh Yuyu Kangkang.
Menurut pengamatan saya, ada banyak tipe wanita selain menurut penggolongan di atas, yaitu antara lain :
1. Wanita pecinta ilmu pengetahuan
Wanita ini biasanya lebih suka dipandang orang karena ketinggian ilmunya. Ilmu pengetahuan dianggap lebih indah daripada yang lainnya. Banyak wanita yang bergerak di bidang keilmuan lebih memilih menyendiri sepanjang hidupnya. Kepuasan menyelesaikan permasalahan dipandang lebih menantang. Kalaupun dia memilih pasangan hidup dia kan memilih yang ilmunya sepadan dengannya atau bahkan di atasnya.
2.Wanita workaholik
Wanita ini biasanya berkombinasi dengan tipe 1. Wanita pecinta ilmu pengetahuan cenderung pemikir dan pekerja keras. Mereka lebih puas menghidupi hidup dari hasil kerja kerasnya daripada meminta orang lain.
3. Wanita religius
Wanita ini hidup berdasarkan agama. Kalau mentornya berkata A, maka dia juga akan melaksanakan yang A itu, walaupun dia sebenarnya tidak sepakat dengan A itu.
4. Wanita tomboy
Wanita ini cenderung tidak suka make up, dia berpakaian seperti lelaki. Bahkan dia akan kelihatan lebih handsome daripada cowok. Dia lebih suka melindungi, daripada dilindungi. Dia menyukai Olah Raga atau kegiatan yang menantang maut seperti arum jeram, panjat tebing, panjat kelapa, panjat genting, balap.
5. Wanita matre
Wanita ini cenderung memandang sesuatu dari harta. Kriteria utama mencari pasangan hidup dengan lelaki yang kaya walaupun usianya jauh di atasnya. Wanita matre biasanya berkombinasi dengan wanita pesolek dan mall. Dia akan menghabiskan waktunya di mall dan salon atau membeli perlengkapan yang bisa mempercantik diri.
6. Wanita patuh
Wanita ini cenderung menuruti apa kata-kata orang di sekitarnya, dari orangtuanya, suaminya, walaupun itu akan merugikannya, dia tidak akan peduli itu. Dia tidak berani membantah siapapun, tidak suka berdebat.
7. Wanita penguasa
Wanita ini cenderung menguasai apapun yang ada di sekitarnya. Da tidak mau diperlakukan sebagai budak, tetapi lebih suka menjadi majikan. Dia cenderung keras. Dia maunya menang sendiri. Oleh karenanya ada sinetron, Suami-Suami Takut istri. Istri menjadi penentu keputusan seorang suami. Apabila dominasinya cenderung positif, maka akan membawa kesuksesan bagi suami, tetapi apabila dominasinya cenderung negatif maka akan membawa kehancuran suami.
8. Wanita pencemburu
Dia selalu mencari alasan untuk cemburu. Bahkan melihat pasangan hidup sedang membicarakan pekerjaan dengan teman kerjanya saja dikuntit. Bahkan sesama wanitapun bisa saling cemburu karena tidak mau dikalahkan.
9. Wanita suka pamer
Dia suka memamerkan harta yang dimilikinya baik itu pemberian orangtua, suaminya atau hasil jerih payahnya. Tidak hanya harta tetapi juga kepintarannya. Merasa tabungannya sudah banyak, buktu tabungannya diperlihatkan kepada orang lain.
Dan masih banyak tipe wanita yang lain lagi yang tidak tersebut di sini.
Tipe-tipe tersebut dapat saling berkombinasi, tidak mutlak ada pada seorang perempuan, mungkin saja dia punya banyak karakter.
Saya melihat kejahatan kolektif/masal yang terjadi terhadap para wanita.
1. Wanita yang tidak segera menikah, dijuluki perawan tua, dan tidak pernah ada perjaka tua. Wanita yang sudah menikah akan dihormati dibandingkan wanita yang sudah bekerja dan banyak prestasi.
2. Wanita yang tidak segera mempunyai anak mendapat julukan mandul, tanpa belas kasihan
3. Wanita tidak diijinkan memilih jalan hidupnya, apakah mau menikah atau tidak, atau memilih pasangan hidupnya.
4. Wanita sering menjadi objek omongan.
5. Wanita tidak menolak lelaki yang menyukainya, tetapi laki-laki dibebaskan untuk memilih wanita, akibatnya apabila ada wanita yang menolak lelaki pasti disumpahi bakal jadi perawan tua (Semoga Tuhan justru memperluas jalan jodohnya)
Masyarakat merasa menjadi hakim yang hebat atas diri perempuan, bahkan menentukan peraturan untuk perempuan tentang berbagai hal, kalau tidak patuh berarti perempuan mursal, tidak perlu dihormati. Pokoknya dunia ini tidak ada tempat bagi wanita yang tidak mau menjalani pernikahan dan tidak bisa menghasilkan keturunan, walaupun orang itu sepantasnya dimuliakan karena ilmu dan karya-karyanya.
Padahal apabila seorang wanita mencintai sesuatu, maka akan bertahan lama, maka jarang ada seorang perempuan yang ditinggal pasangan hidupya, begitu mudah melupakan romantika masa lalunya, lalu mencari pasangan hidup yang lain. Mereka cenderung mampu menjaga keabadian cinta. Menurut pengalaman seorang perempuan yang pernah dimuat di majalah, dia itu memiliki pacar, karena pacarnya berada di tempat yang jauh, maka hubungan dilakukan dengan surat menyurat. Setelah sekian lama berhubungan, si perempuan ini tidak menerima surat dari pacarnya, padahal dia dijodohkan orangtuanya dengan orang lain. Akhirnya dengan terpaksa si perempuan menerima jodoh yang dipasangkan kedua orang tuanya, walaupun itu menyiksa hatinya. Selang beberapa waktu si perempuan memiliki putra. Dalam waktu sekian lama yang tidak ada surat dari pacar, anak dari hasil perkawinannya sudah tumbuh besar, pacarnya itu mengirim surat. Bagaimana hati si perempuan tidak tercabik-cabik hanya karena ketidaktegasan (leda-lede) seorang laki-laki.
Wanita merupakan implementatif cinta yang terbaik. Ketika muda-mudi berpacaran, siapakah yang harus berkorban dalam implementasi cinta itu. Wanita biasanya akan memberikan apapun yang diminta atas dasar cinta. Oleh karenanya sering terjadi hamil sebelum nikah.

............Yah begitulah wanita......................
Wanita dijajah pria sejak dulu
Dijadikan perhiasan sangkar madu
............................Ada yang benci dirinya
............................Ada pula yang kejam menyiksa dirinya
............................Ada pula yang berlutu kepadanya

******Maaf ini hanyalah hasil dari pengamatan, mungkin sepihak saja**********Maaf yang merasa fotonya terpajang, saya hanya berkata bahwa pemainnya diperagakan model/seniman****

No comments:

Pantai Glagah

Pantai Glagah
Pantai Glagah yang indah, dinding pemecah gelombang, kanal-kanal yang meliuk-liuk, adanya di Jogjakarta Sisi Barat bagian selatan