Wednesday 4 June 2008

UCAPAN TERIMA KASIH

Terima kasih merupakan ucapan bersyukur atas kebaikan pihak lain. Terima kasih memiliki nilai yang tinggi dalam kehidupan. Bahkan Tuhan pernah menyatakan bahwa barangsiapa yang bersyukur atas anugerah-Nya, maka Dia akan menambahkan anugerah-Nya kepada hamba-hamba-Nya, sebaliknya apabila makhluk-makhluk-Nya tidak mau bersyukur (berterima kasih) atas segala anugerah-Nya, maka Tuhan akan tidak memaafkan manusia. Terima kasih bisa hanyalah basa-basi, tetapi ucapan terima kasih yang tulus akan merontokkan ketidakikhlasan dan menimbulkan motivasi untuk saling memberi.

Kupu-kupu menghisap madu bunga dengan khusuknya. Dan anginpun dengan ikhlas menerbangkan kepala putik untuk merunduk pada benang sari. Setelah kupu-kupu selesai dengan tugasnya, diapun mengucapkan, "Terima kasih bunga, telah kau pelihara makananku, sehingga aku bisa berkembang hidup.....", kemudian terbang ke atas pelan-pelan tanpa menimbulkan rasa dendam bunga. Bunga pun berkata,"Sama-sama kupu-kupu, aku juga berterima kasih karena kau telah membantu penyerbukanku sehingga aku bisa melakukan pembuahan seperti biasanya, tolong besok kalau musim penyerbukan tiba, datanglah kalian ke taman ini lagi................".

Burung jalak hinggap di atas kerbau sibuk mematuki kutu di tubuhnya. Setelah itu diapun terbang ke atas sambil mengucap,"Terima kasih kerbau, telah kau beri aku makanan hari ini, sehingga aku bisa terbang ke sana ke mari.....". Kerbau pun berkata,"Aku justru berterima kasih karena aku sekarang tidak gatal-gatal lagi karena telah kau bersihkan kutu-kutu itu dari badanku, besok lagi kalau sudah banyak kutu lagi, datang lagi ya.........................."


Di muara, air sungai tidak tahan lagi memuntahkan dirinya ke lautan karena telah berhari-hari lamanya berjalan dari puncak pegunungan hingga di tepi laut. Air sungai pun berkata,"Wahai laut, terima kasih ya telah kau tampung diriku sehingga aku tidak meluap ke mana-mana sehingga membahayakan manusia. Lega rasanya telah kuselesaikan tugas siklus ini......". Lautpun tidak ketinggalan berucap,"Kamu khan telah mengisiku, sehingga aku tidak pernah kekeringan, dan tugas kesiklusan bisa kita lakukan bersama-sama..............."

Seorang cantrik yang hendak turun gunung menghadap kepada brahmana untuk meminta diri. Cantrik itu berkata,"Guru, terima kasih telah mewariskan ilmu kanuragan yang hebat untuk saya, dan kini saya harus menggunakan ilmu saya itu untuk membela kebenaran dan keadilan, menghukum yang salah, terima kasih Guru atas kemurahan hati Anda...". Brahmana itu menjawab,"Muridku, apalah arti Guru tanpa murid......terima kasih telah menjadi muridku yang akan melabuhkan ilmuku ke manapun kamu mengembara........"

Matahari selalu dikelilingi planet setiap kali rotasi planet, termasuk bumi. Bumi diikuti oleh satelitnya, bulan. Bulan dapat bersinar pada malam hari karena pantulan cahaya matahari dari belahan bumi lain. Bulan yang merasa berhutang jasa pada matahari yang telah memancarkan cahayanya pada rembulan, segera berbisik,"Matahari, terima kasih, kalau bukan karena jasamu, jasa siapa lagi sehingga keindahanku dapat dilihat seluruh makhluk dunia, aku sama sekali tidak bercahaya, tapi pada bulan penuh aku bisa muncul secara sempurna........". Matahari pun tersenyum,"Ya begitulah yang seharusnya, agar kamu bisa membantuku memancarkan cahaya ke bumi, karena aku tiada pantas menampakkan diri ketika penghuni bumi baru tidur, panasku membuat istirahat mereka tidak tenang, maka kutitipkan tugasku pada kamu dan akupun tidak bisa dilihat makhluk bumi dari seluruh belahan, karena bentuk bumi bulat, jadi bila aku lagi bertugas di belahan bumi timur, kamulah yang harus menggantikanku bertugas di belahan bumi barat, adil khan, sesuai manfaat masing-masing. Jadi aku juga terima kasih, aku tidak perlu repot-repot membelah diriku sehingga makhluk belahan bumi timur dan barat bisa melihatku bersama-sama......Capek deh"

Seorang gadis sedang menyiram bunga-bunga di taman. Bunga-bungapun bernyanyi riang gembira,"Terima kasih oh gadisku, telah kau segarkan diriku dengan siraman airku, aku telah dehidrasi berhari-hari di kemarau itu, kini aku kau siram, hilanglah dahagaku......" kata bunga-bunga sambil memperlihatkan segala mahkota keindahannya. Gadis itupun mengerti, dan hatinya berbisik,"Terima kasih bunga karena kalianlah tamanku indah...."

Seorang pembantu yang telah bekerja lama pada seorang majikannya sedang memasak makanan setelah selesai membersihkan lingkungan rumah. Ketika itu majikannya baru saja pulang dari bekerja,"Aduh rajinnya, terima kasih ya telah membuat lingkungan rumahku bersih dan memasak untukku.......................". Sang pembantu pun menjawab,"Oalah Ndoro, saya disini khan mendapat gaji dan makanan, jadi terima kasih juga, apalagi susah cari kerja"

Seorang kepala di sebuah kantor pemerintah melihat petugas cleaning service yang sedang mengepel lantai. Kemudian dia berbisik,"Terima kasih ya, karena dirimu kantorku bersih sekali, dan ini ada oleh-oleh untukmu..." katanya sambil menyodorkan seikat anggur. Petugas cleaning service menjawab,"Dengan Bapak menampung saya kerja di sini saya bisa menghidupi keluarga..........".

No comments:

Pantai Glagah

Pantai Glagah
Pantai Glagah yang indah, dinding pemecah gelombang, kanal-kanal yang meliuk-liuk, adanya di Jogjakarta Sisi Barat bagian selatan