Friday 15 August 2008

HAGAROMO NO BANASHI

Di Indonesia ada cerita rakyat yang sangat populer sekali, yaitu JAKA TARUB. Jaka Tarub ternyata terkenal juga di Jepang, Korea, Timur Tengah, India, Eropa. Oleh karenanya cerita yang populer itu dipentaskan oleh kelompok wayang Nihon Wayang Kyokai yang dipimpin, Ryoh Matsumoto. Jarang sekali di Indonesia Jaka Tarub dipentaskan dalam bentuk wayang, biasanya hanya cerita dari mulut ke mulut, kemudian ketoprak, sampai disinetronkan. Itulah yang mendorong mereka untuk mengambil cerita tersebut sebagai bahan wayang kreasi baru mereka pada tahun ke 50 Persahabatan Indonesia - Jepang pada Pekan Wayang Nusantara 2008 di lapangan Sewandanan, Puro Pakualaman, Yogyakarta.

Dalang : R. Matsumoto

Asisten : T. Kano, S. Takahasi, N.Matsumoto

Narator bahasa Jepang : Y. Sagara

Bhs Indonesia : Ellen

Alih Bahasa : HM. Mustam

Penari : Harjani S.J.

Wayang : K. Kakehashi, T. Nakatsuji, Ki Sukasman, Ki Lejar, dari Kamboja, dari Malaysia, dari Jawa

Koto, Seruling : Y. Morishige

Biwa : Akiko Kubota

Gamelan : Joko Daryanto, Giarto, Waluyo

Pesinden : Hiromi Kano, dkk.

Tata Suara : T. Owada

Tata cahaya : T. Kumagai

State Manage : Nur Satwiko

Pada suatu hari di sebuah hutan belantara terdapat danau yang indah sekali pemandangannya, konon pada hari-hari tertentu para bidadari turun dari kahyangan mandi ramai-ramai. Dan pada waktu itu terdengar seekor burung perkutut dengan suara merdunya berkicau. Tujuh orang bidadari turun dari Kaendran (kahyangan). Untuk keterangan lebih lanjut lihat di video singkatnya.

No comments:

Pantai Glagah

Pantai Glagah
Pantai Glagah yang indah, dinding pemecah gelombang, kanal-kanal yang meliuk-liuk, adanya di Jogjakarta Sisi Barat bagian selatan