Friday 18 January 2008

GERRRR ...sama Kelik



Judul Buku : Please Edan! Gerr....Sama Kelik Pelipur Lara
Penulis : Kelik PL
Penerbit : PINUS Yogyakarta
Tahun : 2006
Tebal : 186 halaman
Kelik adalah guru besar plesetan Indonesia, sepantasnya dia membuat diktat atau bahan kuliah bagi mahasiswa-mahasiswinya. Buku ini berisi bahan-bahan banyolan yang sering digunakan Pak dosen plesetan ini. Dia hanya akan menambah komunitas plesetan lebih luas lagi.
Dalam buku ini akan tampak bagaimana Kelik mampu menjadikan pelajaran sekolah menjadi lelucon. Bagi generasi muda yang ingin studi bahan literatur lawak dengan gaya plesetan semestinya belajar kepada Kelik Pelipur Lara. Berbagai joke-joke segar ciri khas KPL tersaji dengan lengkap di buku ini.
Dengan adanya buku ini maka bahan-bahan lawakan model Kelik mampu terdokumentasikan. Hal tersebut dulu jarang dilakukan oleh para pendahulunya. Banyak sekali pelawak zaman dulu yang belum sempat mendokumentasikan joke-joke lawaknya dalam bentuk tulisan. Biasanya hanya tertular dari mulut ke mulut. Ini berarti Kelik mempelopori historiografi dunia lawak.
Jika kita membaca halaman depan dalam bukunya KPL ini, dirinya berusaha mengungkapkan kemisterian sosok Kelik pelipur Lara. Dia mengaku lulusan S3, maksudnya SD, SMP dan SMA. Di sekolahnya suka nakalin gurunya. Di halaman-halaman tersebut kita bisa melihat riwayat hidup guru plesetan ini. Bagaimana dia merangkak dari Tugu Yogya sampai Tugu Monas, semuanya terungkap di sana. Dia merangkak gerr sama sahabat-sahabatnya. Gerr merangkak dari Tugu Jogja hingga Monas Jakarta.
Pada halaman 27 dia mulai mengungkap filosofi segala sesuatu berdasarkan huruf-huruf yang disandangnya. Misalnya :
PRIA
P= Pembohong nomer 1 dunia
R=Rayuannya maut bila dimabuk cinta
I=Inginnya selalu di atas
A=Anaknya 2, di luar ngaku bujangan
WANITA
WA=Wajahnya selalu dirias, agar pria senantiasa terpesona
NI= Niatnya baik kalau ada maunya
TA=Tapi akan menyerah pasrah di kala suami gajian
Kemudian tipe cowok dari jenis motornya
Yamaha : yang Mau Harap Antri
Shogun : Semua Orang Tertegun
Honda : Hobinya nongkrongin janda
...................................................Untuk mengetahui lebih lanjut tentang filosofi pria dan wanita versi KPL bisa membaca selengkapnya di halaman 27 'TOPLES'
Kemudian di halaman berikutnya Kelik memberikan joke-jokenya dengan judul-judulan Cerpen (Cerita Plesetan). Dia membuat fragmen-fragmen cerita plesetan. Misalnya tentang Indekos (Inepan Deket Kampus), "AIR LOVE YOU".
Kalen Gerr yang dia paparkan pada halaman-halaman selanjutnya, dia membiaskan hari-hari nasional dalam plesetan-plesetan. 11 Maret menjadi KUPERSEMAR, 2 Mei Hari Mudik Nasional dan lainnya.
Pada bab Kelompentapir (Kelompok Penjawab Tanpa Berpikir) muncul banyolan-banyolan yang berhubungan dengan mata pelajaran di sekolah.
Sebutkan rumus kimia yang ada hubungannya dengan binatang .....
a. HCL mencuri timun
b. KCL mencuri timun
c. Na Cl mencuri timun
d. Ketiga-tiganya benar
Untuk mengetahui isi soal-soal yang keluar dalam ujian masuk perguruan perlawakan Indonesia baca selengkapnya di halaman 128..............., dijamin lulus secepatnya langsung gila.
Pokoknya pembaca ditanggung akan gerr dengan buku ini. Siap ber ha-ha-ha ya. Referensi atas kelucuan buku inipun telah diakui Helmi Yahya, SYS Ns, Didit, Arzeti, dan Wawan Bakwan, serta masih banyak lagi yang mengakuinya.

No comments:

Pantai Glagah

Pantai Glagah
Pantai Glagah yang indah, dinding pemecah gelombang, kanal-kanal yang meliuk-liuk, adanya di Jogjakarta Sisi Barat bagian selatan