Monday 29 December 2008

Jus Buah Maja dan Whisky

Kadang-kadang teman-teman atau saya juga suka cari-cari hal-hal yang aneh, dan mungkin bikin orang nyeletuk,"Ha lah kurang kerjaan". Sudah tahu bakal begitu kok masih diulang-ulang, dasar kurang kerjaan.

Seorang teman saya dalam kelompok studi sebut saja Indonesia history lovers Youth, sangat getol menelusuri sejarah nenek moyang Indonesia, termasuk sejarah Majapahit. Majapahit adalah kerajaan nasional, yang menaungi banyak wilayah di Asia Tenggara waktu itu. Majapahit yang besar itu diawali dengan sebuah hutan. Sejarah Majapahit tidak lepas dari sejarah buka hutan yang dikomandoi oleh Raden Wijaya, Raja pertama Majapahit. Ketika membuka hutan itu ditemukan pohon buah, kemudian mereka yang baru haus-hausnya itu segera memetik buah yang kayak buah jeruk itu. Dicobain digigit, mulut mereka gebras gebres sendiri, ternyata pahitnya dan agak memabukkan, pahitnya. Sontak saja hutan itu nantinya menjadi "Majapahit". Untuk membuktikan keberadaan buah itu dia dibantu saudaranya mencari keberadaan buah Maja, yang dikira hanya ada di bekas kota Majapahit, di Jawa Timur. Mereka mencoba mencari di pelosok Jogja, saya bilang mungkin ada di sekitar Jalan Kyai Maja. Sebelum ke sana, ketika melewati suatu kebun, mereka menemukan buah Maja, apakah itu buah maja yang sama dengan maja yang ada di dalam sejarah majapahit atau tidak, Wallahu alam, kita kira buah maja di Jawa bagian manapun sama, kalaupun berbeda ya sedikit saja.

Setelah menemukan buah mereka, segera saja dibawa pulang. Di rumah buah maja dijus dengan blender. Kemudian diminum,"Alamak, rasanya nano-nano, ada asin, asem, sepet, tapi yang dominan adalah rasa pahit. Kepala puyeng, perut tidak beres." Aduh...........

Ingat kejadian itu jadi ingat seorang teman juga, kejadian ini terjadi sudah lama, dia itu sukanya menyombongkan kehidupan keluarganya, kakak-kakaknya yang mampu bergaul dengan banyak bule asing. Hampir tiap hari dia hanya menceritakan apa yang dilakukan bule-bule itu. Saking gilanya sama bule, dia dan saudaranya suka bergaya dan bernyanyi seperti bule. Dia berkata pernah mencoba whisky, whisky biarpun sedikit saja sudah memusingkan kepala dan sedikit pahit katanya.

Jadi apa bedanya jus buah maja dengan whisky ya?

No comments:

Pantai Glagah

Pantai Glagah
Pantai Glagah yang indah, dinding pemecah gelombang, kanal-kanal yang meliuk-liuk, adanya di Jogjakarta Sisi Barat bagian selatan