Monday 16 February 2009

SMS dan Telepon Penasaran

Ketika ada gempa di Jogja 27 Mei 2006 beberapa tahun yang lalu, ada SMS berantai yang mengatakan, "Air pantai selatan naik, 4 orang tewas karenanya". SMS itu telah menyebar dari nomer ke nomer, akhirnya menyebarkan kepanikan kolektif. Mau lari ke mana hayo, air laut naik, padahal gunung Merapi lagi muntaber, semuanya pontang-panting, yang dari utara lari ke selatan, yang ke selatan lari ke utara, sehingga saling bertubrukan. Korban terjadi bukan hanya karena peristiwa guncangan yang meruntuhkan bangunan, tetapi korban kepanikan. Setelah ada berita bahwa pantai selatan tidak mengalami tsunami, hanya sempat naik, kemudian sms berubah bunyinya,"Tsunami tidak jadi", maka kepanikan hilang.

Sebuah keluarga menerima sms dan telepon dari orang tidak dikenal,"Bu, Bapak telah mengalami kecelakaan dan menabrak salah seorang keluarga mereka, sehingga Bapak harus bertanggung jawab". Kemudian sang isteri kebingungan, padaal uang sudah dibelabjakan dan untuk bayar uang sekolah, maka terpaksa mencari pinjaman, atau mengambil di Bank. Dia begitu panik dan segera menuju rumah sakit yang ditunjukkan orang itu dan menemuinya di tempat yang dijanjikan. Sang isteri segera membayar sejumalh 75 juta agar keluarganya tidak dituntut macam-macam. Ketika sang isteri menuju ke rumah sakit, betapa kagetnya ternyata tidak ada seorangpun pasien yang atas nama suaminya. Begitu sadar kalau dia tertipu, maka pingsanlah dirinya.

Seorang pemuda mendapat sms, bahwa dirinya menang undian sebesar Rp 10.000.000, betapa senangnya dia. Kemudian dia menghubungi no telepon itu, kemudian si penelepon minta no rekening bank.

Waktu itu malam-malam, seorang cewek dapat sms dari seseorang. Orang itu bertanya bermacam-macam, dan dari cara bicaranya itu seolah-ulah mereka sudah saling mengenal akrab. Si cowok bercerita kalau sudah punya tunangan di kota lain, tetapi anehnya berkali-kali dia mengirimkan sms porno pada cewek itu. Si cewek heran, kenapa kalau sudah punya tunangan kok kirim sms padanya, yang isinya yang jorok-jorok. Si cewek berkali-kali menerangkan jati dirinya,"Maaf Mas, aku namanya ini, aku .................................Masnya salah sambung kali". Penjelasan itu bukannya menghentikan sms itu, tetapi malah semakin parah. Si cewek terus penasaran.......................................sungguh-sungguh menyebalkan.

No comments:

Pantai Glagah

Pantai Glagah
Pantai Glagah yang indah, dinding pemecah gelombang, kanal-kanal yang meliuk-liuk, adanya di Jogjakarta Sisi Barat bagian selatan