Friday 29 February 2008

HELO TRANS JOGJA (2)

Kalau pada awal-awal peluncuran masih ada celah-celah kosong dari kursi-kursi Trans Jogja, akhirnya berkali-kali saya saksikan Trans Jogja ramai dengan penumpang, sebaliknya angkutan-angkutan lama mulai sepi. Kondisi bus yang disesuaikan dengan lebar jalan, ternyata bersaing dengan mobil-mobil pribadi yang parkir di tepi jalan, dan kepadatan lalu lintas jalan raya masih terasa. Mungkin butuh pengaturan tata guna jalan lagi. Kalau jalan yang lama dirubah lagi, pasti justru mengacau kegiatan lalu lintas jalan, mendingan dibangun jalan alternatif lagi. Trans Jogja juga harus diluncurkan sampai pelosok pedesaan, sehingga bisa menyemarakkan wisata pedesaan di Yogyakarta. Di dekat shelter mestinya dibuat tempat parkir yang akan menambah penghasilan bagi penduduk sekitarnya.
Trayek yang sudah berjalan adalah :
1. Trayek 1a
TERMINAL PRAMBANAN-BANDARA ADISUCIPTO-STASIUN TUGU-MALIOBORO-JEC
RUTE : Terminal Prambanan- S5. Kalasan-Bandara Adisucipto-S3 Maguwoharjo-Janti (lewat bawah)-S3 UIN Kalijaga-S4 Demangan-S4 Gramedia-S4 Tugu-Stasiun Tugu-MALIOBORO-S4 Kantor Pos Besar-S4 Gondomanan-S4 Pasar Sentul-S4 SGM-GEMBIRALOKA-S4 Babadan Gedongkuning-JEC-S4 Blok O-JANTI (lewat atas)-S3 Maguwoharjo-Bandara Adisucipto-S5 Kalasan-Terminal Prambanan
2. Trayek 1b
TERMINAL PRAMBANAN-BANDARA ADISUCIPTO-JEC-KANTOR POS BESAR-PINGIT-UGM
RUTE :Terminal Prambanan - S5. Kalasan-Bandara Adisucipto-S3 Maguwoharjo-Janti (lewat bawah)-S4 Blok O- JEC-S4 Babadan Gedongkuning-Gembiraloka-S4 SGM-S4 PasarSentul-S4 Gondomanan-S4 Kantor Pos Besar-S3 RS PKU Muh.-S3 Pasar Kembang- S4 Badran- Bundaran Samsat-S4 Pingit-S4 Tugu-S4 Graamediaa-Bundaran UGM-S3 Colombo-S4 Demangan-S3 UIN Kalijaga-JANTI-S3 Maguwoharjo-Bandara Adisucipto-S5 Kalasan-Terminal Prambanan
3. Trayek 2a
TERMINAL JOMBOR-MALIOBORO-BASEN-KRIDOSONO-UGM-TERMINAL CONDONGCATUR
RUTE : Terminal Jombor -S4 Monjali-S4 Tugu-Stasiun Tugu-Malioboro-Kantor Pos besar-S4 Gondomanan-S4 Jokbetengwetan-S4 Tungkak- S4 Gambiran-S4 Basen-S4 Rejowinangun-S4 Babadan Gedongkuning-Gembiraloka-S4 SGM-S3 Cendana-S4 Mandalakrida-S4 Gayam-Flyover Lempuyangan-Kridosono-S4 Dutawacana-S4 Galeria-S4 Gramedia-Bundaran UGM-S3 Colombo-Terminal Condongcatur- Kentungan-Monjali- Terminal Jombor
4. Trayek 2b
TERMINAL JOMBOR-TERMINAL CONDONGCATUR-UGM-KRIDOSONO-BASEN-KANTOR POS BESAR-WIROBRAJAN-PINGIT
RUTE :Terminal Jombor-S4 Monjali-S4 Kentungan-Terminal Condongcatur-S3 Colombo-Bundaran UGM-S4 Gramedia-Kridosono-S4 Dutawacana-Flyover Lempuyangan-S4 gayam-S4 Mandalakrida-S3 Cendana-S4 SGM-Gembiraloka-S4 Babadan Gedongkuning-S4 Rejowinangun-S3 Basen-S4 Tungkak-S4 Jokbetengwetan-S4 Gondomanan-S4 Kantor Pos Besar-S3 RS PKu Muh.-S4 Ngabean-S4 Wirobrajan-S3 BPK-S4 Badran-Bundaran Samsat-S4 Pingit-S4 Tugu-S4 Monjali-Terminal Jombor
5. Trayek 3a
TERMINAL GIWANGAN-KOTAGEDE-BANDARA ADISUCIPTO-RINGROAD UTARA-MM UGM-PINGIT-MALIOBORO-POJOK BETENG KULON
RUTE : Terminal Giwangan-S4 Tegalgendu-S3 HS Silver-Jl Nyi Pembayun-S3 Pegadaian Kotagede-S3 Basen-S4 Rejowinangun-S4 babadan Gedongkuning-JEC-S4 Blok O-Janti (lewat atas)-S3 Janti-S3 Maguwoharjo-Bandara Adisucipto-S3 Maguwoharjo- Ringroad Utara-Terminal Condongcatur-S4 Kentungan-S4 M.M. UGM-S4 Mirotakampus-S3 Gondolayu-S4 Tugu-S4 Pingit-Bundaran Samsat-S4 Badran-S3 Pasarkembang-Stasiun Tugu-Malioboro-S4 Kantor Pos Besar-S3 RS PKU Muh.-S4 Ngabean-S4 Joktengkulon-S4 Plengkunggading-S4 Tungkak-S4 Wirosaban-S4 Tegalgendu-Terminal Giwangan
6. Trayek 3b
TERMINAL GIWANGAN-JOKTENG KULON-PINGIT-MM UGM-RINGROAD UTARA-BANDARA ADISUCIPTO-KOTAGEDE
RUTE : Terminal Giwangan-S4 Tegalgendu-S4. Wirosaban- S4. Tungkak-S4. Plengkunggading-S4. Joktengkulon-S4. Ngabean-S3.RS.PKU Muh.-S3. Pasar Kembang- S4. Badran-Bundaran Samsat-S4 Pingit-S4 Tugu-S3 Gondolayu-S4 Mirota Kampus-S4. MM UGM- S4 Kentungan-Terminal Condongcatur-Ringroad Utara-S3 Maguwoharjo-Bandara Adisucipto-S3 Maguwoharjo-JANTI (lewat bawah)-S4 Blok O- JEC-S4. Babadan Gedongkuning-S4 Rejowinangun-S3 Basen-S3 Pegadaian Kotagede-Jl Nyi Pembayun-S3 HS Silver-S4 Tegalgendu-Terminal Giwangan
Trans Jogja tidak berhenti sembarangan. Tempat berhenti sengaja dirancang khusus. Di dalam ruang berkaca, lebih tinggi dari permukaan trotoar. Di halte itulah para penumpang membeli tiket. Lokasi Pos (Point of Sales)
1. Halte Bandara Adisucipto

2. Halte Terminal Jombor
3. Halte Laksda Adisucipto Ambarukmo Plaza
4. Halte Terminal Giwangan
5. Halte Senopati Taman Pintar
6. Halte Tentara Pelajar Samsat
7. Halte Jalan Kaliurang Kopma UGM
8. Halte Sudirman Bethesda
Sudah dibuat kira-kira 76 shelter, setelah melalui negoisasi dengan pemilik tempat. Penentuan shelter dilakukan dengan survei, melalui pertimbangan bahwa lokasi tersebut tidak mengganggu lalu lintas, ketersediaan lahan.
Jenis-jenis tiket yang ditawarkan :
1. Tiket Single Trip
Penumpang dapat membeli di semua halte, yang bisa dipakai sekali jalan paling jauh 60 menit seharga Rp. 3000,-
2. Tiket Regular Umum
Penumpang dapat membeli langsung di halte bertanda POS/CARD CENTER Dinas Perhubungan Provinsi DIY. Harga beragam, satu perjalanan seharga Rp 2.700,-. Pilihan nominal pulsa/isi ulang : Rp 15.000,-; Rp 25.000,-; Rp 50.000,-; dan Rp 100.000,-
3. Tiket Regular Pelajar
Pelajar mendaftar secara kolektif melalui sekolah masing-masing. Petugas dari Dinas Perhubungan DIY akan menghubungi ke sekolah. Tiket perdana bernilai Rp 15.000,- dan bisa diisi ulang seharga Rp 15.000,-; Rp 25.000,-; Rp 50.000,-; dan Rp 100.000,-.
Cara mengisi ulang tiket regular dapat dilakukan dengan membawa tiket regular ke tempat halte yang bertanda POS. Petugas akan memeriksa dan mengisi pulsa sesuai pesanan. Apabila rusak, tiket dibawa ke halte bertanda POS, nanti akan diperiksa dan diperbaiki petugasnya.Penumpang setelah naik di sebuah halte, dengan menyiapkan tiket yang telah dimiliki, kemudian kartu ditap pada mesin tiket secara otomatis, pintu GateAccess TJ pun terbuka. Untuk tiket biasa dapat dimasukkan ke dalam mesin tersebut agar Gate Access terbuka.
Bagi yang belum pernah naik, mudah saja, cukup membeli tiket di halte (bagi yang belum punya yang regular), kemudian menge-tap tiket ke dalam mesin tiket, Pulsa akan berkurang Rp 2.700,-, untuk pelajar Rp 2.000,- sehingga Gate Access terbuka. Kunci Rotari Pintu akan terbuka, silahkan masuk. Walaupun penumpang naik turun halte sampai beberapa kali kalau durasinya kurang dari 60 menit, maka pulsa tiket tidak akan berkurang.
Trans Jogja tidak akan berhenti di sembarang tempat tidak seperti bus-bus lainnya. Sopir tidak ditarget untuk memberi setoran, tetapi dihitung per jam operasi. jadi tidak ada yang memaksa mereka untuk ugal-ugalan di jalan.
Pemerintah memberikan subsidi kira-kira 32 milyar rupiah atau @ Rp 2000 untuk setiap tiketnya. Seharusnya tiket berharga Rp 5.000, dengan subsidi tersebut menjadi Rp 3000,-. Lumayan. Sopir dan kernet tidak menerima bayaran dari penumpang, tetapi digaji berdasarkan berapa jam mereka mengoperasikan Trans Jogja. Mereka tidak perlu mengejar setoran dengan membiarkan Trans Jogja berdesak-desakan. Semestinya sopir dan kernet bisa menjamin keamanan dan kenyamanan penumpang. Untuk penanganan copet, memang perlu kekompakan antara operator dan penumpang bus, sehingga ada pencegahan dan pemberantasan. Beberapa waktu yang lalu ada copet yang berani masuk di Trans Jogja, hampir saja copet itu lepas, akan tetapi dengan kepedulian sesama penumpang, copet tersebut berhasil dibekuk. Memang kepedulian antara para penumpang sangat dibutuhkan untuk mengantisipasi kriminalitas dalam bus kota. Untungnya Trans Jogja hanya berhenti pada shelter-shelter yang memang didesign tinggi. Sebelum copet lari bisa terjerembab dulu.
Untuk info lebih lanjut bisa menanyakan ke Dishub DIY atau BAPEDA Provinsi DIY.

No comments:

Pantai Glagah

Pantai Glagah
Pantai Glagah yang indah, dinding pemecah gelombang, kanal-kanal yang meliuk-liuk, adanya di Jogjakarta Sisi Barat bagian selatan